E-COMERCES DAN E-BUSINESS
Istilah
e-business dan e-commerce seringkali terlihat dan digunakan untuk
proses yang sama. Namun demikian, meskipun berhubungan, keduanya
memiliki arti yang berbeda. Awalan “e” berarti “elektronik”, yang
berarti kegiatan atau transaksi yang digunakan tanpa pertukaran atau
kontak fisik. Transaksi diadakan secara elektronik atau digital, sesuatu
dibuat menjadi mungkin dengan pesatnya perkembangan komunikasi digital.
E-Commerce adalah proses pembelian, penjualan, atau pengantian produk,
pelayanan dan informasi dengan menggunakan jaringan internet. E-commerce
berarti transaksi bisnis melalui internet di mana pihak-pihak yang
terlibat melakukan penjualan atau pembelian. Transaksi yang dilakukan
dalam e-commerce pada dasarnya melibatkan pengalihan (transfer) atau
penyerahterimaan (handing over) kepemilikan dan hak atas produk atau
jasa. Secara
teknis, e-commerce hanya merupakan bagian dari e-business karena,
menurut definisi, e-business adalah semua transaksi bisnis online,
termasuk penjualan secara langsung kepada konsumen (e-commerce),
transaksi dengan produsen dan pemasok, dan interaksi dengan mitra
bisnis. Pertukaran informasi via database terpusat juga dilakukan dalam
e-commerce. Fungsi-fungsi bisnis hanya terbatas pada sumber daya
teknologi.
Jadi, tentu saja, e-commerce merupakan bagian takterpisahkan dari
proses e-business, namun dalam kerangka terbatas, e-commerce merupakan
kegiatan menjual dan membeli.
E-Business adalah adalah kegiatan menjalin relasi dengan konsumen/
klien, bertukar data dalam satu Perusahaan dengan menggunakan internet.
Bertukar data dalam perusahaan itu contohnya jika manajer pembelian PT
X(kerja di kantor pusat,misal Jakarta) ingin tahu data penjualan barang Y
dari kantor cabang di kota Ambon. Nah ia minta dikirimin datanya
melalui internet. Dengan cara ini lebih mudah, murah dan cepat.
E-business sendiri merupakan perluasan dari e-commerce , di mana tidak
hanya pembelian dan pembayaran barang, dan pelayanan, tetapi juga
disertai pelayanan konsumen, kolaborasi dengan partner bisnis dengan
dukungan elektronik sebagai alat transaksi atau organisasi.
Perbedaan lainnya yang mendasar antara e-commerce dan e-business adalah
bahwa tujuan ecommerce memang benar-benar money oriented (berorientasi
pada perolehan uang atau melibatkan pertukaran uang dalam transaksi),
sedangkan e-business berorientasi pada kepentingan jangka panjang yang
sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap
konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan penanganan
masalah sosial lainnya. Semua aspek dalam bisnis, seperti pemasaran,
perancangan produk, manajemen pemasokan, dsb., tercakup.
Ringkasan:
11. E-business lebih luas dalam lingkup dan e-commerce hanya merupakan satu aspek atau satu bagian dari e-business.
22. E-commerce hanya mencakup transaksi bisnis seperti membeli dan menjual barang dan jasa melalui internet.
33. E-commerce pada prinsipnya melibatkan perdagangan uang sedangkan dalam e-business, transaksi uang tidak diperlukan.
44. E-business melibatkan pemasaran, perancangan produk, evaluasi layanan konsumen, dll.
Akan tetapi sekarang orang-orang yang melakukan e-commerce
juga melakukan e-business secara bersamaan. Alhasil, perbedaan makna
dari e-business dan e-commerce semakin sempit.
Selain perbedaan seperti yang telah disebutkan e-commerce dan
e-business juga memiliki kesamaan tujuan utama yaitu memajukan
perusahaan menjadi perusahaan yang lebih besar dari sebelumnya.
E-commerce dan e-business merupakan terobosan yang dapat mendongkrak
penjualan melalui online marketing dan sebagai sarana mempromosikan
produk melalui media Internet.
0 komentar:
Posting Komentar