Sabtu, 22 Februari 2014

Pin Diagram Microprocessor 8086 Dan Z80

A.    MICROPROCESSOR 8086

1.     gambar microprocessor 8086


2.     Microprocessor 8086 Pin diagram Dan Penjelasan

8086 dapat beroperasi dalam dua mode ini adalah mode minimum dan maksimum modus. Untuk mode minimum, sistem prosesor yang unik dengan satu 8086 dan untuk mode maksimum sistem multi prosesor dengan lebih dari satu 8086.

  • MN/MX- adalah pin input yang digunakan untuk memilih salah satu dari mode ini. Ketika MN / MX tinggi 8086 beroperasi dalam mode minimum. Dalam mode ini 8086 dikonfigurasi untuk mendukung kecil sistem prosesor tunggal dengan menggunakan beberapa perangkat yang sistem bus . ketika MN / MX rendah 8086 dikonfigurasi untuk mendukung sistem multiprosesor.
  • AD0-AD15 adalah multiplexing 16bit ditujukan atau data bus. Selama 1 st siklus clock AD0-AD15 adalah urutan rendah 16bit penambah. 8086 memiliki total 20 baris alamat, bagian atas 4 baris multiplexing dengan sinyal negara yang A16/S3, A17/S4, A18/S5, A19 / S6. Selama periode jam pertama dari siklus terbaik seluruh 20bit alamat tersedia pada baris tersebut. Selama siklus clock lain untuk memori dan i / o operasi AD15-AD0 berisi data 16 bit dan S3, S4, S5, S6 menjadi baris status. S3 dan S4 yang diterjemahkan sebagai berikut
  • A17/S4 A16/S3 Fungsi
0 0 Ekstra Segmen
0 1 Stack Segmen
1 0 kode atau ada segmen
1 1 data Segmen
Ada untuk siklus 1 st clock eksekusi instruksi A17/S4 Dan A16/S3 pin Tentukan mana Segmen mendaftar menghasilkan bagian segmen dari 8086 alamat
  • BHE/S7 digunakan sebagai terbaik tinggi memungkinkan selama siklus 1 st klik eksekusi instruksi. Yang BHE dapat digunakan bersama dengan AD0 untuk memilih memori
  • RD rendah saat data dibaca dari memori atau I / O lokasi.
  • UJI adalah pin input dan hanya digunakan oleh instruksi menunggu. 8086 memasuki keadaan menunggu setelah pelaksanaan instruksi menunggu sampai rendah adalah Sean pada pin tes.
  • INTR merupakan masukan interupsi maskable.
  • NIM adalah non maskable interrupt masukan.
  • RESET adalah sistem set sinyal masukan ulang itu berakhir semua kegiatan itu
  • PSW jelas, IP, DS, SS, ES dan instruksi Queue.
  • DT / R (Data Transmit atau menerima): merupakan sinyal o / p diperlukan dalam sistem yang menggunakan transceiver bus data
  • ALE adalah alamat latch enable. Apakah sinyal o / p yang disediakan oleh 8086 dan dapat digunakan untuk demultiplexed AD0 ke AD15 ke A10 toA15 dan D0 untuk D15.

  • M / IO adalah 8.086 sinyal output untuk membedakan akses memori dan akses i / o.
  • WR digunakan oleh 8086 untuk melakukan write memory atau menulis operasi i / o.
  • INTA (sinyal pengakuan interrupt) INTA adalah sinyal pengakuan interrupt
  • HOLD holda tinggi pada pin TAHAN menunjukkan bahwa master lain diperlukan untuk mengambil alih bus S / M Jam
  • CLK memberikan sinyal timing dasar untuk 8086 dan bus kontrol.
  
B.    MICROPROCESSOR Z80

1.     gambar microprocessor Z80





2.     Microprocessor Z80 pin diagram dan penjelasan

Mikroprosesor Zilog Z80 dikembangkan oleh Zilog Inc. dan mulai dipasarkan pada tahun 1976. Z80 merupakan sebuah mikroprosesor satu chip dan dimaksudkan untuk menggantikan Intel 8080 yang memerlukan dua chip tambahan (sebuah penghasil detak sistem dan sebuah pengontrol sistem) untuk membentuk sebuah CPU yang fungsional.
Pada dasarnya Z80 memiliki semua keistimewaan (features) yang dimiliki Intel 8080, dan segi perangkat keras maupun perangkat lunak. Tetapi Z80 masih memiliki sejumlah keistimewaan penting lainnya yang tidak dimiliki Intel 8080. Salah satu keistimewaan Z80 ini adalah kemampuannya untuk melakukan penyegaran memori secara dinamis (dynamic memory refresh) secara otomatis. Adalah menarik untuk diketahui bahwa beberapa pendiri Zilog Inc. adalah mantan para ahli Intel Corporation yang ikut merancang Intel 8080, tetapi kemudian pindah ke Zilog Inc.
Mikroprosesor Z80 dibuat dengan menggunakan teknologi NMOS dan dikemas dalam sebuah DIP (dual inline package) dengan 40 pin. Jumlah saluran alamatnya sama dengan 16, dan jumlah saluran datanya delapan. Saluran-saluran ini tidak di-multiplexed. Mikroprosesor Z80 sudah memiliki penghasil detak (clock) sendiri dan hanya memerlukan satu tegangan catu +5 volt.
Secara garis besar dapat dikatakan bahwa jumlah register dan jumlah instruksi Z80 kira-kira dua kali Intel 8080/8085. Kumpulan instruksi Intel 8080 merupakan suatu sub kumpulan dari kumpulan instruksi Z80, artinya Z80 memiliki semua instruksi yang dimiliki Intel 8080, tetapi selain itu Z80 masih memiliki banyak instruksi lain yang tidak dimiliki Intel 8080. mikroprosesor Z80 memiliki 158 instruksi dasar, sedangkan Intel 8080 hanya 78. Karena itu bisa dikatakan bahwa Z80 upward compatible dengan Intel 8080.
Z80 adalah mikroprosesor yang digunakan dalam komputer pribadi Radio Shack TRS-80. Z80 bekerja dengan sinyal detak (clock) 2,5 MHz. Versi Z80A sama dengan Z80, hanya Z80A dapat bekerja dengan sinyal detak 4 MHz.

Fungsi pin dari microprocessor  Z80
                M1* (Machin Cycle One: satu siklus mesin) merupakan pin keluaran aktif rendah jika CPU sedang mengambil sandi operasi instruksi dari memori. Pada saat ini bus alamat berisi alamat memori seperti data yang ada pada Register PC, dan data bus mengarah masuk.
                MREQ* (Memori Request: pesan memori) merupakan pin Keluaran aktif rendah pada waktu saluran alamat berisi alamat memori
                IORQ* (Input Output Request: pesan Input Output) Keluaran aktif rendah pada waktu saluran alamat A0 s/d A7 berisi alamat I/O
                RD* (Read: Baca) Keluaran aktif rendah pada waktu CPU melakukan operasi baca/memasukkan data
                WR* (Write: Tulis) Keluaran aktif rendah pada waktu CPU melakukan operasi tulis/mengeluarkan data
                RFSH* (Refresh: Penyegaran) Keluaran aktif rendah jika CPU mengeluarkan alamat memori untuk menyegarkan memori mekanik
                HALT* Keluaran aktif rendah pada saat CPU melaksanakan instruksi Halt/berhenti
                WAIT* Masukan dibuat aktif rendah oleh alat luar yang menyela kerja CPU
                INT* (Interrupt: interupsi) Masukan aktif rendah jika ada luar yang meminta layanan interupsi
                NMI* (Non Mascable Interrupt: interupsi yang tidak bisa dihalang) Masukan aktif rendah jika ada selaan yang yang tak dapat dihalangi
                RESET* Masukan dibuat aktif rendah oleh alat luar untuk membuat CPU ada dalam keadaan awal
                BUSRQ* (Buss Request: pesan bus) Sinyal masukan yang dibuat aktif rendah jika ada alat luar yang meminjam bus system

            BUSAK* (Bus Akcnowledge) Keluaran aktif rendah yang menandakana CPU mengijinkan peminjaman bus sistem.




download materi klik di bawah ini
pasword file : teknikbuntu.blogspot.com

1 komentar: